Rabu, 01 Februari 2012

Tips Mengelola dan Meningkatkan Kecerdasan Emosi


Tahukan Anda bahwa kecerdasan emosi selain kecerdasan intelegensi ternyata juga berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya seseorang terutama dalam masa dewasa dan dalam dunia kerja? Ya…ternyata kecerdasan IQ saja tidak cukup pada jaman sekarang ini untuk membuat seseorang menjadi sukses karena kehidupan saat ini begitu kompleks dengan berbagai macam masalah yang faktanya harus dihadapi dengan kecerdasan emosi atau disebut dengan EQ.
Dengan kehidupan saat ini dimana sosialitas sangat penting dalam menunjang sukses, maka tak pelak lagi kecerdasan emosi sudah harus dimiliki oleh seseorang dalam melangkah sukses ke depan. Anda lihat saja di mana Facebook atau Twitter sudah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kehidupan sehari-hari seseorang di mana dalam aktifitas bersosialisasi ini, kecerdasan emosi merupakan senjata utamanya.
Bahkan semakin maju jaman, tidak hanya dua kecerdasan tersebut di atas yang berperan, kecerdasan spiritual pun juga menjadi salah satu pemeran dalam menunjang kesuksesan seseorang. Nah…untuk Anda yang ingin mengelola dan meningkatkan kecerdasan emosi, silahkan simak beberapa tips berikut ini :
·         Belajar Mendengarkan Orang Lain
Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik. Dengan mendengarkan orang lain, kita akan mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakannya sehingga tidak menjadi salah paham dan dapat menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain.
·         Membaca Situasi
Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita akan mampu mengetahui situasi sebenarnya dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sehingga mampu mengambil keputusan dengan emosi yang terkendali.
3. Tidak Takut Ditolak
Dalam segala sisi kehidupan, pasti ada dua pilihan. Diterima atau ditolak. Persiapkan diri Anda dalam menerima penolakan. Tanpa persiapan yang baik, suatu penolakan dapat membuat seseorang kehilangan kendali terhadap dirinya karena kesedihan dan kekecewaan sehingga dapat membuat seseorang menjadi putus asa.
·         Komunikasi
Komunikasi adalah jalan keluar untuk menyelesaikan masalah. Tidak ada masalah yang tidak bisa dikomunikasikan. Dengan membiasakan mengkomunikasikan masalah dengan baik, dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan menghindarikan dari kesalahpahaman yang tidak penting.
5. Berempati Terhadap Perasaan Orang Lain
Kecerdasan emosi tinggi ditemukan pada orang-orang yang bisa merasakan perasaan orang lain dan bisa mengerti apa yang sedang dihadapi orang lain. Berempati kepada orang lain akan membuat kita merasakan apa yang dirasakan orang tersebut sehingga menciptakan rasa tenggang rasa.
·         Menentukan Prioritas
Salah satu cara mengendalikan emosi adalah mampu menentukan prioritas baik dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, dan kehidupan sosial. Penentuan prioritas menghindarkan kita dari perasaan tertekan dan stres yang dapat membuat emosi kita terganggu. Orang yang mampu menentukan prioritas di dalam hidupnya akan memiliki kecerdasan emosi tinggi karena kestabilan emosinya dalam mengatasi setiap sisi kehidupannya.
·         Berpikiran Positif
Berpikiran positif memang banyak berhubungan dengan perasaan, namun tetap harus disertai pikiran rasional. Pikiran positif akan membuat kita tidak menduga-duga apa yang dipikirkan oleh orang lain. Oleh karena itu, jauhkanlah pikiran negatif dari kehidupan Anda karena pikiran negatif tersebut akan meracuni hati dan membuat pikiran kita menjadi tidak rasional.
Semoga tips di atas mampu meningkatkan kecerdasan emosi Anda agar senantiasa sukses selalu dalam melakukan suatu aktifitas dan tujuan kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar